Published by Ahmad Nur Ubaidah on 3 Agustus 2018

Fitur Terbaru FB dan Instagram Batasi Waktu Penggunanya

waktu

Facebook dan Instagram bikin fitur terbaru untuk batasi waktu penggunanya (Rockstar SEO)

Demi membantu para penggunanya dalam melihat serta mengatur waktu yang mereka habiskan di berbagai sosial media yang dimiliki, membuat dua raksasa perusahaan sosial media, yaitu Instagram dan Facebook meluncurkan fitur terbaru mereka.

Fitur ini telah secara resmi diumumkan oleh David Ginsberg, Direktur Riset Facebook dan Ameet Ranadive, Direktur Manajemen Produk Instagram berdasarkan pernyataan yang tertulis pada blog resmi Facebook pada Rabu (1/8) kemarin.

Baca Juga: Pengguna Sosial Media Facebook Dikabarkan Terus Menurun

Fitur ini diberi nama “activity dashboard”. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat berapa banyak waktu yang telah mereka gunakan dalam mengakses suatu Facebook serta Instagram dalam satu hari penuh.

Fitur ini ternyata juga mampu menetapkan batasan tertentu yang ingin mereka habiskan di kedua platform media sosial tersebut. Jika para pengguna telah mencapai batas waktu yang telah mereka tetapkan, maka kedua platform tersebut akan memberikan notifikasi kepada para penggunanya berupa sistem peringatan bahwa mereka telah mencapai batas waktu pemakaian aplikasi yang telah ditetapkan sebelumnya dalam satu hari.

Selain itu, fitur ini juga menyediakan opsi bagi para penggunanya untuk melakukan pengaturan notifikasi. Pengguna juga dapat memilih apakah mereka akan menonaktifkan notifikasi dari kedua platform tersebut untuk sementara waktu ataukah tidak.

Ginsberg dan Ranadive didalam postingan blog resmi Facebook menyebutkan jika kedua perusahaan tersebut merasa bertanggung jawab untuk selalu membantu dan mengerti berapa banyak waktu yang telah mereka lakukan dalam mengakses sosial media mereka.

Baca Juga: Ini 5 Hal Yang Bikin Instagram Stories Jadi Enak Dilihat

“Kami merasa sangat bertanggung jawab untuk membantu setiap orang untuk mengerti berapa waktu yang telah mereka habiskan pada seluruh platform kami. Hal ini tentu saja baik agar mereka dapat mengatur pengalaman mereka saat menggunakan platform kami sehingga semua terukur dengan baik,” ucap keduanya, seperti dilansir laman CNN Indonesia.

Berdasarkan pengumuman yang beredar tersebut, fitur terbaru itu akan segera diluncurkan dalam waktu dekat ini. Akan tetapi pada kenyataannya, laman TechCrucnch menuliskan jika fitur ini telah tersedia bagi para pengguna Facebook dan Instagram yang berada di Amerika Serikat. The Verge dalam laporannya juga menyatakan bahwa fitur tersebut telah lulus ujicoba dan eksperimen yang dilakukan terhadap satu persen pengguna dari kedua platform tersebut.

#akun facebook#aplikasi#Aplikasi Android#Media Sosial#sosial media#Teknologi Informasi