Published by Ahmad Nur Ubaidah on 24 Agustus 2018

Facebook Hapus Aplikasi VPN dari App Store Karena Kumpulkan Data

app store

Facebook akan lenyapkan aplikasi VPN dari app store (I More)

Demi mengatur pengumpulan data pribadi, Facebook dikabarkan akan menarik aplikasi VPN kepunyaannya dari Apple App Store. Hal ini akibat dari laporan yang berasal dari Apple yang menganggap bahwa Onavo telah melanggar aturan pengumpulan data pribadi pelanggannya, seperti dilansir laman The Wall Street Journal, Rabu (23/8) kemarin.

Baca Juga: Fitur Terbaru FB dan Instagram Batasi Waktu Penggunanya

Aplikasi VPN merupakan aplikasi gratis yang menyediakan layanan akses internet dan terenkripsi melalu server yang telah diamankan dan disediakan oleh Facebook. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memperingatkan para penggunanya apabila terdapat kemungkinan situs yang mereka datangi adalah situs yang berbahaya.

Melalui aplikasi ini, Facebook dapat mengumpulkan data pribadi penggunanya dengan cara melacak pola pemakaian smartphone mereka di luar penggunaan di Facebook sehingga mereka dapat dengan mudah mendapatkan wawasan mengenai tren berinternet serta persaingan dengan para lawan mereka.

“Kami memberikan pernyataan kepada seluruh pengguna yang telah mengunduh Onavo mengenai informasi apa saja yang telah dikumpulkan serta bagaimana informasi tersebut digunakan,” ucap juru bicara Facebook kepada AFP, seperti dilansir laman CNN Indonesia.

“Sebagai salah satu pengembang di platform Apple, kami selalu mengikuti seluruh aturan yang telah ditetapkan,” terangnya lagi.

Saat diminta komentarnya mengenai apakah pihaknya akan menyingkitkan Onavo dari App Store ataukah tidak, Facebook belum memberikan komentar sedikit pun. Namun, sumber dari AFP mengatakan jika aplikasi tersebut sebentar lagi akan hilang di App Store mulai Rabu (22/8) kemarin. Onavo sendiri telah ada di App Store selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Facebook Tuduh Pesaingnya Lakukan Pengumpulan Data Pengguna Juga

Apple sendiri baru-baru ini telah memberitahu Facebook bahwa aplikasi tersebut telah menyalahi aturan pengumpulan data yang telah diperbarui, dimana aturan tersebut melarang aplikasi untuk mengumpulkan data di luar kebutuhan yang telah disesuaikan dengan layanan aplikasi. Selain itu, aturan tersebut juga melarang pengumpulan data pribadi yang tidak terkait terutama dalam hal menyediakan iklan.

Bahkan beredar kabar di dalam pertemuan dua perusahaan tersebut minggu lalu berakhir dengan persetujuan Facebook dalam menarik Onavo Protect.

Meski begitu, aplikasi yang telah terpasang di iPhone bisa dapat digunakan. Namun, Facebook tidak dapat lagi melakukan pembaruan. Selain itu, Onavo Protect juga masih akan tetap tersedia bagi para pengguna Android.

#akun facebook#aplikasi#Aplikasi Android#Aplikasi Smartphone#Berita Teknologi#bisnis#Teknologi#Teknologi Informasi