Published by Ahmad Nur Ubaidah on 28 Juni 2018

Snapchat Bangun Layanan Gim Berbasis Augmented Reality

gim

Pokemon GO sempat jadi gim augmented reality tersukses tahun lalu (Digital Trends)

Salah satu perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Snap Inc. dikabarkan akan segera melebarkan bisnisnya dengan mencoba peruntungan pada bisnis baru. Berdasarkan laman The Information, Snapchat kabarnya sedang membangun layanan gim, dimana mereka juga telah melakukan penandatanganan kesepakatan dengan pihak developer pengembang gim tersebut.

Informasi tersebut juga mengatakan jika platform gim dari Snapchat direncanakan akan mulai diluncurkan pada akhir tahun ini. Kabar peluncuran gim ini pun sejalan dengan aksi korporasi yang tengah dilakukan oleh Snapchat pada beberapa bulan ini.

Baca Juga: Epic Ingin Fortnite Jadi Kompetisi Games eSports

Sekedar informasi, perusahaan yang telah melantai di bursa efek New York tersebut, saat ini sedang gencar dalam membuat software bernama Lens Studio. Software ini kabarnya dibuat untuk para pengembang dalam membuat filer AR khusus. Selain itu, Snap juga dikabarkan telah membeli mesin gim 3D berbasis web sejak tahun lalu. Mesin ini dinamakan PlayCanvas dan akan berfungsi sebagai tulang punggung dan alat pengembang yang lebih kuat.

Akan tetapi, hingga saat ini belum ada konfirmasi lebih lanjut mengenai kejelasan terkait gim yang akan segera diluncurkan tersebut, apakah akan berbasis AR ataukah tidak.

Seperti yang diketahui, Snapchat tengah bersaing dengan platform media sosial lainnya, seperti Instagram. Karena itu, agar tetap berkompetisi, Snapchat disarankan untuk memutar otak serta menyiapkan berbagai fitur yang menarik bagi para pelanggan setianya. Hal ini pun direspon oleh Snapchat dengan meluncurkan ‘Snappables’.

Fitur terbaru dari Snapchat ini merupakan salah satu gim selfie AR pendek yang terintegrasi dengan sangat mudah ke dalam user interface menggunakan pilihan lensa dari Snapchat.

Battle Royale: PUBG vs Fortnite, Manakah yang Lebih Baik?

Jika bergandengan dekat dengan platforma kamera, maka aplikasi augmented reality benar-benar sangat diuntungkan. Sebab, Anda dapat dengan mudah mengambil foto atau merekam beberapa video perjumpaan dengan AR T-Rex. Konsep pemikiran ini tentunya sangat menguntungkan bagi Snap.

Hal ini dikarenakan Snap tidak mungkin bersaing dengan ARCore Google atau ARKit Apple lagi. Seperti dilansir laman TechCrunch, melalui teknologi ini, Snap tampaknya sedang berusaha untuk menjadi aplikasi rumah bagi para orang yang ingin merasakan pengalaman AR.

Ini menjadi salah satu kelebihan Snapchat yang hingga saat ini masih memegang kamera di dalam aplikasi Facebook dan Instagram. Padahal aplikasi ini tidak terlalu sering digunakan oleh para pengguna kedua media sosial tersebut.

Sumber: CNN Indonesia

#Augmented Reality#Game#Game Konsol#Game Mobile#Game Online#Snapchat

Comments

Comments are closed.