Published by Ahmad Nur Ubaidah on 25 Juni 2018

Melalui Aplikasi Datally Dapat Hemat Kuota Hingga 21 Persen

datally

Aplikasi Datally dari Google dapat hemat data internet hingga 21 persen (Bukalapak)

Demi mengendalikan penggunaan kuota internet, Google membuat sebuah aplikasi yang diberi nama Datally. Bahkan Google mengklaim jika aplikasi ini mampu menghemat rata-rata 21 persen data seluler para pengguna internet. Datally sendiri sebenarnya merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Google pada tahun lalu

“Hal ini berdasarkan data yang didapat dengan menggunakan Datally, dimulai dari hari Senin hingga Jumat,” tulis Google dalam keterangan resminya, seperti dilansir laman CNN Indonesia, Senin (25/6).

Baca Juga: Google Maps diberikan Empat Fitur Baru Untuk Orang yang Puasa

Datally sendiri menggunakan tiga cara guna menghemat kuota para penggunanya. Cara pertama yang dilakukan adalah dengan membatasi jumlah kuota yang digunakan para pengguna, kemudian membatasi penggunaan data oleh aplikasi yang jarang digunakan para pengguna, serta membantu para pengguna dalam mencari lokasi wifi terdekat sehingga mereka tidak perlu lagi untuk menggunakan data yang berasal dari kartu SIM mereka.

Untuk pembatasan penggunaan data yang berasal dari ponsel, aplikasi ciptaan Google ini menawarkan dua mode, yaitu mode tamu dan mode pembatasan data harian. Untuk mode tamu, aplikasi ini akan membatasi pemakaian data ketika ponsel pengguna sedang dipinjamkan kepada orang lain. Sedangkan untuk mode pembatasan data harian, yaitu pengguna membatasi sendiri jumlah data yang digunakan sehingga para pengguna tidak kebablasan dalam menggunakan datanya setiap hari.

Selain itu, pengguna juga dapat menetapkan jumlah maksimum data yang diinginkan setiap harinya. Jika pengguna telah melewati batas yang telah ditentukan, maka aplikasi ini akan memberikan peringatan. Untuk peringatan ini, para pengguna juga dapat memilih, apakah akan memblokir penggunaan data di sisa hari tersebut atau akan terus menggunakannya.

Aplikasi Datally ini juga dapat mencegah penggunaan data yang tidak seharusnya, seperti pengiriman data otomatis yang dilakukan tanpa sepengetahuan para penggunanya melalui aplikasi yang jarang digunakan.

Baca Juga: Bantu Videographer, Google Siapkan Teknologi Editing Terbaru

Google menuturkan jika terdapat 20 persen data seluler para pengguna yang digunakan tanpa sepengetahuan para penggunanya melalui aplikasi yang jarang dibuka lebih dari sebulan. Aplikasi ini juga dapat memberitahu penggunanya mengenai aplikasi mana saja yang secara diam-diam menggunakan data internet sehingga para pengguna dapat dengan mudah menghapus aplikasi tersebut.

Aplikasi ini juga menyediakan kepada para penggunanya mengenai peta jaringan Wi-Fi terdekat, sehingga para pengguna dapat dengan mudah terhubung melalui Wi-Fi tanpa memakan data internetnya. Selain itu, para pengguna juga dapat memberikan penilaian kualitas koneksi internet Wi-Fi tersebut secara gratis.

#aplikasi#Aplikasi Android#Aplikasi Global#google#Teknologi Google

Comments

Comments are closed.